Thursday 21 March 2013

Profil Penulis Pakagula Sastra Karanganyar

 1.

Jo Pakagula merupakan nama pena dari Joko Purwanto, lahir di Surakarta pada tanggal 13 Februari 1965. Pendidikan dasar ditempuh di SDN 79 Kentingan, Jebres, Surakarta. Kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 8 Solo serta SMA Negeri 1 Solo, dan akhirnya masuk Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada hingga lulus S1 tahun 1991.

Menekuni hobi menulis sejak SMA, semasa menjadi mahasiswa bahkan hingga kini. Tulisannya terdiri dari berbagai jenis, mulai artikel masalah-masalah aktual, tulisan ilmiah, juga tema-tema keagamaan. Di antara karya-karyanya yang telah dipublikasikan adalah Kumpulan Cerpen Penikmat Kata (UNS Press, Solo, 2007). Cerpen Panggilan dari Surga (Majalah Hai, 2006). Cerpen Lindu (tabloid Cempaka, 2006). Cerpen Kugapai Nirwana (Solopos, 2006), Cerpen Libas (Joglo, 2008). Sedangkan, esai-esainya dimuat di harian nasional maupun media-media sastra lokal.

Sumber: http://blogdivapress.com/dvp/2010/06/01/jo-pakagula/

Baca juga:
[Review] Kenapa Mataku Cuma Satu (Jo Pakagula)
Analisis Resensi Cerpen Judul : Kenapa Mataku Cuma Satu ?


2.
Andri Saptono

Menulis Novel, cerpen, esai, opini. Mengelola blog atmokanjeng.wordpress.com. Pemenang Novel DKJT tahun 2011 (Candik Ayu di Atas Pabrik Gula Segaramadu). Novelnya terbaru antara lain: Laskar Anak Pintar (Indiva kreasi), Lari dari Pesantren (Elexmedia), dan terbaru Lost in Lawu (Kaki Langit).


3. 
Ekohm Abiyasa
Penyair dan penulis buku puisi Sekopi Sunyi

4.
Agus Yulianto
Guru di SDIT Teras Boyolali. Banyak menulis esai dan opini

5. 
Abdul Wahid
Mahasiswa tingkat akhir di Jurusan Sastra Indonesia UNS, wartawan lepas,

0 comments:

Post a Comment