Sunday 16 June 2013

Tentang Pakagula Sastra

LATAR BELAKANG
Ide nama Pakagula sebenarnya dari Pak Jo (penulis) dedengkot dari Himpunan Pengarang Karanganyar (HPK). Beberapa tahun HPK mulai vakum karena kesibukan masing-masing anggota, melanjutkan kehidupan masing-masing. Anggota pada waktu itu adalah para siswa SMA dan pegiat sastra di Karanganyar.

Kemudian pada suatu acara sastra yang diadakan Komunitas Pawon di Balai Soedjatmoko Solo, saya (Ekohm Abiyasa) bertemu dengan Andri Saptono dan menggagas adanya sebuah komunitas sastra di lingkungan Karanganyar. Kami bertiga (tambahan Agus Yulianto) bertemu di waduk Delingan (16 Juni 2013) merampungkan rencana kami.

Setelah pertemuan tersebut kami bertandang ke rumah Pak Jo untuk silaturahmi sekaligus meminta bimbingan dan persetujuan memakai nama Pakagula. Beliau antusias dengan gagasan kami. Kami memilih nama Pakagula sebagai salah satu bentuk penghormatan atau dedikasi kepada Pak Jo.

Sedikit cerita dari Pak Jo tentang Pakagula. Pakagula merupakan singkatan dari Padepokan Kaki Gunung Lawu. Beliau punya mimpi dan keinginan membangun sebuah padepokan (semacam sanggar) sastra di sebuah kaki gunung Lawu (di Karangpandan). Di sana nantinya akan dijadikan semacam tempat atau wadah bagi para penulis di lingkup Karanganyar khususnya. Apakah terealisasi?

TUJUAN
Pakagula Sastra terbuka bagi siapa aja yang berdomisili di Karanganyar untuk belajar bersama, berbagi, dan berkarya. Tujuan didirikannya Pakagula Sastra adalah sebagai wadah apresiasi pecinta maupun pencinta sastra, baik itu puisi, cerpen, novel, maupun pantun. Dan juga sebagai ajang diskusi dunia kepenulisan.

KEGIATAN
Adapun program kegiatan bertajuk "Wedangan Sastra": berkumpul, berdiskusi, dan apresiasi karya sastra.

KONTAK
0877 3484 3401
0852 2962 8009

Email: pakagula@gmail.com

(peninggalan) Buletin sastra HPK: http://rumputsastra.blogspot.com.

Media:
Grup Facebook Pakagula Sastra (grup tertutup)

Beberapa komunitas sastra/seni di Karanganyar:
1. Tascakra (Komunitas Pembaca Karanganyar)
2. Komunitas Tin-Thir - Jenawi
3...
Ekohm Abiyasa - Agus Yul - Pak Jo (Desember 2013). Sumber foto.

0 comments:

Post a Comment